Solar Water Disinfecting Tarpaulin by Eric Olsen


Eric Olsen, arsitek dan profesor yang berasal dari San Fransisco ini pada awal Mei dianugerahi penghargaan bergengsi Metropolis Next Generation® 2008. Kompetisi tahun ini mengangkat tema tentang air. Karya Olsen yang diberi nama Solar Water Disinfecting Tarpaulin ini berbentuk seperti bejana yang bersifat sangat fleksibel yang bisa diisi air sampai 20 liter dan mudah untuk dibawa kemana saja. Sifatnya yang fleksibel membuat benda ini bisa digulung seperti kain terpal, dapat diselempangkan seperti selendang sehingga air yang ada dapat dibawa dengan mudah.
Proses disinfeksi air dalam bejana ini sesederhana dengan hanya menjemurnya dibawah matahari selama 5 jam. Metode purifikasi air ini sudah diakui WHO loh...
Benda ini sangat berkontribusi besar terutama untuk mereka-mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari lokasi mata air dan tentunya daerah-daerah yang terkana bencana alam. Great Job....


Hmmmm.... mungkin gak ya benda ini dipakai untuk mempurifikasi air di kala banjir di Jakarta? Jadi meskipun kebanjiran, warga tetap punya solusi untuk menghasilkan air bersih. Atau mungkin perlu diadakan kompetisi lokal untuk menghasilkan ide kreatif mengatasi isu ini. Any ideas from arsitekturiners?

Melalui Metropolis
Melalui ResidentialArchitect
Melalui Dexigner

3 comment:

anulucu at: 2 Juni 2008 pukul 22.10 mengatakan...

Halo, blognya bagus... link2nya juga mayan lengkap, saya ngelink ke sini ya :D

Anonim at: 13 Juni 2008 pukul 00.34 mengatakan...

wah keren abis....
we should have one of that thingy..

Unknown at: 16 Juni 2008 pukul 13.13 mengatakan...

kalo ga salah di buku seri ekologinya heinz frick juga ada deh.
tapi pake botol plastik yang di cat setengah item, trus di jemur dalam 2 jam keadaan matahari panas, 5-6jam keadaan matahari panas-mendung, 1-2 hari keadaan ujan-matahari.

mudah2an berguna juga nih.kita harus coba

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Checkpagerank.net
"sorry this web under maintenance"