Ikon prefab modern segera dihancurkan




Menara kapsul Kisho Kurokawa adalah salah satu ikon modern prefab bersama dengan Habitat Montreal buatan Moshe Safdie. 140 buah kapsul di ”mur” bersama ke daam inti bangunan ditengah. Tap kamar kecil terdiri dari Tv dan ”reel to reel ” tape decks, tempat cuci yang dirangkai di pabrik kemudian ddiangkar dengan crane dan dirangkai ke core dari beton.

Menurut Architectural Record, gedung itu mendapat apresiasi yang tinggi sebagai contoh dari gerakan Metabolist yang populer pada tahun 60 dan 70an, yang membayangkan kota terbentuk dari komponen – komponen modular. Namun belakangan ini masalah penggunaan asbes menjadi masalah serius. Pada 15 april pengelola gedung menyetujui rencana untuk menghancurkan gedung dan menggantinya dengan sebuah gedung baru 14 lantai.

Empat organisasi arsitek utama di Jepang, termasuk japan Institute of Architect menyetujui ide Kurokawa bahwa kapsul ini mengekspresikan kualitas ”fleksibilitas”. Menurut dia, tiap kotak dapat dipasang dan dicopot (unplugged) dan dapat dikembangkan dengan unit – unit yang baru. Sedangkan inti menara tetap ”abadi”. ”timeless” menurut Kurokawa. Namun pengelola gedung tidak yakin dengan ide itu dan meragukan kekuatan bangunan bertahan dari gempa bumi. Masalah yang tak kalah pelik adalah mahalnya tanah, dimana gedung yang baru akan dirancang lebih luas 60%. nah, any commentz?

Via treehugger

2 comment:

Realrich Sjarief at: 20 Juli 2007 16.10 mengatakan...

Era sekarang adalah era efisiensi, konsep2 arsitektur yang dipaksakan akan cenderung berkurang dengan dorongan kapitalisme yang semakin kuat. Dari sisi Developer dan investasi, pasti 60 & luas yang lebih besar itu yang dicari. sedangkan isu modular dalam bangunan ini sedikit terlihat dipaksakan dengan konteks sekarang. kenapa saya lebih memilih bangunan ini untuk dihancurkan karena isunya sendiri sudah lewat selain fungsinya yang hanya sebagai simbolis saja. Gimana menurut kalian ? :)

Andik at: 7 Agustus 2007 10.42 mengatakan...

Gw setuju. Setuju apa coba? Hmmm...bahwa bangunan ini memang sudah gak cocok ada disini, terlebih karena isu asbes ini yang agak2 ganggu buat kesehatan. Tapi yang harus dipertahankan itu idenya. Bikin lagi aja bangunan yang sama dengan material yang lebih eco-friendly. Dan fungsinya dirubah menjadi lebih efisien dan menjual. Kalo cuma menuhin keinginannya golongan kapitalis, susah untuk mempertahankan idealisme bangunan prefab ramah lingkungan. :) comments?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"