pencahayaan atraktif

Kata orang teknologi sekarang sudah sangat canggih dan nggak ada habisnya untuk di-update. kita kupas bagaimana teknologi lighting sekarang bisa merubah sesuatu yang "membosankan" menjadi sangat interaktif.

Arsitek Mader Stublic Wiermann berhasil merubah bangunan Uniqa Tower di Vienna yang massif dan geometris menjadi bangunan yang bisa menari. Lampu LED ditempel disekujur fasade bangunan dan dihubungkan dengan video data yang akan menkoreografikan nyala lampu sehingga membuat bangunan seolah menari di malam hari. Ada juga karya arsitek Penoyre & Prasad yang menmpelkan lembaran alumunium pada fasade bangunan dan diolah dengan lighting full-colour.
Bangunan kuno tidak luput dari olahan lampu-lampu interaktif seperti pada Illuminating York 2007. Dengan lighting, bangunan kuno tersebut bisa direnovasi fasadnya tanpa harus merubah keasliannya.
Saya jadi teringat acara SIEM (Solo International Etnic Music Festival) 2007 yang menggunakan Benteng Vastenburg sebagai latar belakang panggung, benteng yang hampir remuk itu menjadi meriah berornamen polkadot, strip, bintang-bintang penuh warna mengikuti irama musik. Di siang hari benteng itu kembali dengan wajah remuknya.
Tinggal bagaimana agar lampu-lampu tadi tidak merampas terlalu banyak energi.

pencarian dari :
http://www.webblick.de/indexEN.html
http://www.interactivearchitecture.org/

0 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"