the largest open air prison, bombed

israel membikin tembok raksasa mengelilingi negeri indah tak berdaya yang belum juga lahir, Palestina. Tembok ini mengisolasi penduduknya sehingga untuk untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok seperti gandum saja, harus bertaruh nyawa menyeberang ke perbatasan Mesir di Barat.

Bukankah ini adalah penjara udara terbuka yang luar biasa besar , even the biggest, absurd, liltle bit ridiculous?

What can street artist do ? bombed it. Segerombolan street artists dibawah“label” santa’s ghetto bekerja membuat karya – karya hebat yang tentu saja, tidak hanya memamerkan kelihaian teknik dan metode bombing , tentu saja amanat karya – karya mereka.

Salah satu legenda hidup, ( my idol hehe) Banksy, yang juga ikut bergabung dalam salah satu crew santa’s ghetto, punya cerita ketika berkarya, dia kepergok patroli aparat Israel, check this Indonesian version dialogue :

Pak Polisi Israel ( PIPIS): heh,,ngapain loe, loe ngrusak fasilitas Negara tau ! hentikan ! Setopp.. Hapus !
Banksy : setidaknya , biarkan saya selesaikan karya saya pak ..( sambil menahan kencing dia mungkin, lha ditodong senjata. Hayo ?)
Pak Polisi Israel 2 ( PIPIS2): udah, gapapa, fren, ya udah loe selesain gih ! yang bagus ya ..buru, gue tungguin..

Dua polisi Israel terperangah melihat karya Banksy...

Satu lagi pengalaman dia ,kayaknya di West bank,kali inidia bertemu seorang kakek palestina:

Kakek Palestina : apa yang kamu buat anak muda, orang asing, di tanah kami, tanah terjajah ?
Banksy : ini mbah, saya menggambar tembok Israel ini mbah,saya bikin lebih cantik, bagus ga mbah ? ( dia yakin disupport ma mbah ini , secara dia orang Palestina)

Jawaban dari simbah membuat banksy terdiam..

Kakek Palestina: iya bagus nak, keren abis. Tetapi kami ingin tembok ini hilang. Erase the wall.

via santasghetto

enjoy..





0 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"