Passegiatta

Jalan-jalan sebentar yuk... peratiin arti pentingnya passegiatta ini untuk orang-orang sienna



sedikit tentang passegiatta..

3 comment:

early at: 10 Oktober 2008 14.03 mengatakan...

hmm saya pengin tahu artinya passeggiata itu, tp videonya ngga jelas dan foto-fotonya jg kurang ngga bisa nampak malahan:) jadi apa ya artinya? hehe saya coba nanya ke teman yang pernah tinggal di sienna, tapi belum dijawab sms saya..but anyway, thanks for this picture and video:)

Andik at: 17 Oktober 2008 00.13 mengatakan...

hi Early.. hehehe... penjelasannya tampaknya kurang oke yah. Terima kasih sudah mengingatkan.

Passegiatta itu kalo di-Indonesiakan sebenernya JJS alias jalan2 sore. Dalam kasus ini, orang2 Sienna biasanya melakukannya di jalan2 utama di kota tua. Kalau pulang kerja aktifitas ini menjadi sangat happening. Dan juga pada hari libur seperti Minggu sore/malam. Passegiatta ini juga (mungkin) salah satu kegiatan apresiasi warga Sienna terhadap arti pentingnya ruang terbuka publik (public open space).

Gw tertarik banget waktu pertama nonton video singkat ini. Karena gw pikir rekaman video ini sebenarnya bercerita banyak dan memberi kita sedikit hint ttg apa2 yang bisa dipelajari (terlepas dari angle dan kekurangnyamanan wkt menontonnya..heheheh).

Hmmm..mulai dari mana ya?
Well, jalan2 sore ini bisa dibilang menjadi lifestyle orang2 Sienna. That's one thing, yg kalo mo dipelajari dari mana asal usul lifestyle atau budaya ini udah bisa jadi satu bahasan tersendiri yg menarik. Kalo di Bandung, biasanya budaya nongkrong dan jalan2 ini terjadi di jalan Dago atau mungkin jalan Braga di malam minggu.

Nah, bicara soal arsitektur dan desain urbannya, banyak sekali yang bisa dipelajari. Orang nongkrong dan jjs itu pasti butuh tempat/ruang/space. Pedestrian zones menjadi ruang penting yang perlu diperhatikan dalam hal kualitas (desain) ruangnya. Kebayang gak sih kalo area pejalan kakinya tidak menarik, monoton, tidak friendly gak byk yg bisa dilihat? Pasti areanya bakal mati. Interior toko yang menarik, arsitektur kota tua yg priceless, plaza dgn air mancur dan kisah2 romantis dibelakangnya, seating area, sampai ke material paving etc etc, yang kalo semua ini digabungin pasti akan menawarkan pengalaman ruang dan visual yang kaya. Itu satu hal lain yang bisa dipelajari ttg desain ruang.

Dari sini, semua nya itu punya efek kemana2 yang juga bisa dipelajari. Ekonomi, terkait aktifitas pertukaran uang di toko2 area ini dan efeknya terhadap pertumbuhan kota etc; Pariwisata; sosial-demografi etc etc.

See, dari isu aktifitas dan ruang (sekecil) ini banyak sekali yang bisa ditarik pelajaran.

Sebagai penutup (kek ceramah aja nih..:P), Passegiata, it's (probably) even becoming as a Culture & Identity for them. So hope you know now the importance of it.

Semoga penjelasan singkat ini cukup menjawab rasa penasaran kamu tentang Passegiatta ini. Tapi kayaknya akan lebih oke belajarnya kalo kita kesana langsung. yiuk mari... ;)

PS:
Sorry for the delayed response, karena posting ini sudah jauh dari halaman pertama. Jadi jarang membuka lembar lama. hehehehe..

Andik at: 17 Oktober 2008 00.16 mengatakan...

Oiya, mungkin buat yang lain kalau ada yang mau nambahin atau mengkoreksi... monggo.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"