Sayembara Vokasi UI

Beberapa waktu lalu, sayembara fasilitas pendidikan vokasi UI telah diumumkan. Rektor UI beserta Dewan Juri (Prof. Gunawan T, Baskoro Tejo, A.Tardiyana, A.Hery Fuad dan Syahrir AR), telah menilai dan menetapkan pemenang Sayembara Perancangan Gedung Program Vokasi UI sbb:

Pemenang I Realrich Syarief
Pemenang II Gde Aditya

Pemenang III Aboday ArchitectPemenang Harapan:
No. Peserta 005 Adhitya Pandu P
No. Peserta 015 K.Erie Sudewo


Selamat buat para pemenang.


Berikut sedikit sharing dari desain sang juara pertama, Realrich Syarief dan tim.


© Syarief, Akbar 2009
Konsep desain kompleks vokasi UI ini didasarkan pertimbangan atas 3 aspek, pertama, desain bangunan yang sesuai dengan iklim tropis. Kedua, desain bangunan yang kontekstual dengan pencitraan ui, dan ketiga, desain bangunan yang mampu memanfaatkan potensi lahan semaksimal mungkin. Penataan masterplan didasarkan dari penempatan ‘learning promenade’ di axis utama lahan yang menghubungkan node potensial transit oriented development dari Universitas Indonesia di titik selatan dengan node potensial titik wisata air amphi teater yang ada di sisi utara. Di sepanjang learning promenade ini diletakkan fungsi – fungsi untuk mengaktifasi kehidupan kampus vokasi. Di sini ada mahasiswa yang membaca buku di perpustakaan linear sepanjang learning promenade, disini ada juga café untuk para mahasiswa dan dosen berinteraksi, potensi landsekap yang mengikuti kontur juga bisa di optimalkan.Daerah kompleks vokasi ini juga akan rimbun akan pepohonan diantara massa yang menghadap utara dan selatan sehingga bayangan yang ada akan mereduksi panas dari sinar matahari di lantai dasar. Vista yang terbentuk ketika memasuki kompleks vokasi dari arah selatan terbentuk dari 3 elemen yaitu : vista menuju amphiteater air, vista transparansi massa gedung perpustakaan di sisi barat juga vista café menuju sungai dengan wisata air, dan vista di sebelah barat berupa alokasi lahan untuk taman obat untuk program kedokteran.


Ide perancangan dari kompleks Vokasi UI merupakan rangkaian dari 3 noda utama yaitu, - Kondisi eksisting yang berbatasan dengan sungai yang membelah dari utara ke selatan yang menjadi bagian interaksi dengan air, - Jalan disisi selatan yang merupakan titik pusat perhentian bus kampus dan - Jalan di sisi barat yang merupakan area servis GKU dan parkir belakang. Pembagian ini didasarkan dari pembagian fungsi-fungsi terbesar dengan anggota terbesar, seperti kedokteran dengan p’rodi baru, hokum, dan vokasi campuran. Hirarki ini juga didasarkan dari pengelompokkan dari ilmu manusia [kedokteran], ilmu etika [hukum], dan ilmu - ilmu umum dengan menghubungkan keseluruhan fungsi dengan gedung kuliah umum. Susunan pengelompokkan diatur berdasarkan besaran ruang yang diestimasikan dengan jumlah mahasiswa di tahun 2013 sejumlah 11700 orang.


Bangunan - bangunan penunjang seperti massa lobby utama diletakkan sepanjang boulevard yang diperuntukkan untuk galeri utama. Massa - massa dihubungkan dengan selasar yang dilengkapi dengan kanopi sedangkan di sisi selatan, diletakkan akomodasi hunian mahasiswa berlantai tingkat rendah dengan aksesibilitas menuju ke kampus vokasi UI. Daerah landsekap didesain sesuai eksisting dari kampus UI dengan orientasi aktifitas terhadap sungai dengan menghubungkan sisi timur sungai dengan lahan melalui rangkaian jembatan untuk akses pejalan kaki. Lahan parkir diletakkan di sisi barat kompleks Vokasi UI.


© Syarief, Akbar 2009
© Syarief, Akbar 2009
‘Bangunan - bangunan di kompleks Vokasi UI juga didesain dengan menggunakan arah orientasi bangunan Utara - Selatan yang sesuai dengan iklim tropis. Keadaan ini meminimalisasi cahaya matahari langsung yang masuk ke bangunan. Bangunan ini menggunakan konstruksi baja, penggunaan solar panel pada sisi atas bangunan, dan wind turbine di sisi dalam bangunan. Penggunaan batu bata juga mendinginkan suhu bangunan disamping meminimalisasi carbon foot print dengan penggunaan bahan yang re-usable.


Glenn Murcutt pernah berkata “The light and sounds of land are already there I just make the instrument make the instruments that allow people to perceive these natural qualities.” Demikian juga perencanaan vokasi ini yaitu berusaha menjawab sebaik mungkin apa yang dibutuhkan oleh program studi Vokasi UI dengan tepat melalui pengolahan potensi konteks lingkungan yang ada.



© Syarief, Akbar 2009



Project credits :

Design principal : Realrich Syarief, ST. IAI
Design team : Dicke Nazzary Akbar, ST

3 comment:

meeftah at: 31 Juli 2009 10.23 mengatakan...

apikkk

Vyan RH at: 31 Juli 2009 22.46 mengatakan...

Hasil yang sangat bagus, wajar bila jadi pemenang..
Selamat buat para pemenang.

Anonim at: 7 Juli 2011 14.07 mengatakan...

Dahsyattt!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"