Universitas Teknik Darmstad memenangkan SOLAR DECATHLON 2007

SOLAR DECATHLON adalah kompetisi dimana 20 tim mahasiswa dari universitas dan perguruan tinggi saling berlomba untuk merancang, membangun dan mengoperasikan solar house yang paling menarik serta pemakaian energi yang efektif dan efisien. Penyelenggaraan kompetisi tahun ini bertempat di Washington.

Tim dari Universitas Teknik Darmstad, Jerman akhirnya memenangkan kompetisi ini dengan meraih nilai tertinggi di semua kategori penilaian arsitektur, lighting dan engineering. Secara desain memang sedikit berbeda (baca:menarik) dari yang lainnya. Bentuk kotak yang diselimuti dengan jalusi photo voltaic serta atapnya yang datar membuat kesan yang ditimbulkannya benar-benar simpel. Kesan ruang didalamnya juga sangat kompak dan fleksibel.


Tapi sayangnya tidak ada kategori penilaian untuk biaya konstruksi dan instalasi. Karena isu 'green' sendiri tidak jauh membahas tentang bagaimana menghemat energi dan tentunya juga menghemat uang. Dilihat dari tabel biayanya, proyek satu ini menghabiskan kurang lebih $916 per sq ft. Total biaya kurang lebih $1.3 juta dolar untuk konstruksi (800 sq ft) dan pengangkutan dari Jerman ke DC. Sebagai pembanding, konon di sana untuk rumah yang mewah seluas 1600 sq ft hanya menghabiskan $240,000. Dan masih banyak nominal yang tersisa (yang mungkin bisa membiayai konsumsi energi selama beberapa bulan). Tapi bukankah ROI bangunan green memang sedikit lebih lama dari bangunan konvensional pada umumnya? Jadi sepertinya mahal didepan memang bukan hal aneh untuk bangunan-bangunan green.
Di Holcim Award for sustainable construction ada satu kriteria penilaian yaitu economic performance and compatibility. Kalau ternyata proyek ini memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dalam hal perawatan dan konsumsi energi, saya rasa memang layak untuk diberi penghargaan juara satu. Tapi kriteria ini baru bisa dilihat tentunya setelah beberapa bulan atau mungkin tahun penggunaannya.

Pada Holcim Award for sustainable construction 2005/2006, setidaknya ada 16 proyek negri kita yang masuk penilaian, meskipun tidak dapat penghargaan.
Let's discuss...

Lebih jauh tentang proyek Darmstadt Solar House
Tentang Solar Decathlon 2007
Via Inhabitat
Kamu juga bisa mendownload gambar konstruksinya disini

1 comment:

priyatnadp at: 4 November 2007 21.31 mengatakan...

kapan ya solar cell bisa terjangkau, kalau masih mahal masih bisa dibilang green, apa sekedar green prototype.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"