Marina Residence - A Window to Singapore

Judul diatas kami ajukan sebagai branding dan tagline untuk sebuah distrik hunian berbasis waterfront pada kompetisi Marina South Residential District di Singapore. Kompetisi internasional yang diadakan oleh Singapore Institute of Architect (SIA) ini bertujuan untuk mencari ide-ide segar perencanaan kawasan hunian yang menekankan pada keunikan seting lingkungan waterfront-garden. Kawasan seluas kurang lebih 60 Ha ini harus mampu menampung beberapa fungsi didalamnya yang sebagian besar didominasi oleh hunian, serta beberapa fungsi pendukung seperti sekolah, hotel, retail serta fungsi-fungsi campuran.


Ada 7 prinsip perencanaan yang kami terapkan dalam desain,

1. Strengthen the landmark of Singapore, ide dasarnya mencoba memberikan pengalaman ruang dimana di setiap sudut distrik ini orang akan senantiasa merasakan atmosfir Singapura. Penerapan dalam desain dengan membuat koridor jalan utama mengarah pada landmark-landmark Singapura.

2. Green and Blue blending,
Lahan yang strategis dan kaya akan potensi natural dimanfaatkan semaksimal mungkin. Potensi air (dari Singapore strait) dan hijau (dari Garden by the bay) ditarik ke dalam lahan pengembangan dalam bentuk water canal dan green belt.


3. Increase waterfront edges,
Water canal yang tercipta pada lahan pengembangan dari penarikan air Singapore strait akan menciptakan kemungkinan pengolahan karakter urban element yang beragam, khususnya urban element yang berbasis pada water feature.


4. Development on ecological and sustainable-based planning
Modular construction adalah salah satu metode yang mungkin untuk diterapkan terkait dengan isu pembangunan ekologis. Metode prefabrikasi ini memungkinkan untuk meminimalisasi pemakaian energi berlebihan dari proses konstruksi dan pengrusakan lahan. Mencipta satu komplek hunian dari sebuah modul kotak menjadi ide yang terdengar menarik. Aplikasi sumber energi alternatif, sistem filtrasi air, pengolahan limbah adalah beberapa metode umum yang dapat diterapkan disini.

5. Multi layer circulation and function
Penempatan fungsi yang berbeda serta penciptaan sistem sirkulasi yang terintegrasi akan menciptakan efisiensi mobilitas dan waktu.



6. Various residential typology character
Selain dari karakter hunian yang berbeda berdasarkan tingkat densitas hunian, ruang-ruang yang terbentuk dari pengolahan water canal dan green belt akan memberikan karakter detail yang spesifik.




7. Injecting more communal spaces as an urban accupuncture
Peningkatan ruang-ruang terbuka dari segi kuantitas dan kualitas diharapkan menjadi pemacu kawasan agar dapat hidup. Ruang terbuka yang baik juga tentunya akan memberikan efek psikologis positif bagi masyarakat penggunanya.




Menang tidak menang... kami senang bisa belajar banyak dalam kompetisi ini. :D

Project Credits : Irma Kusumawardani, Yogi Ferdinand, Sandy Putranto

0 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"