palestina, KB dan ketahanan pangan


 A Palestinian man reads the Koran outside a mosque in the West Bank city of Jenin on the first day of the Muslim holy fasting month of Ramadan on July 20. (Saif Dahlah/AFP/Getty Images

Di awal2 ramadhan tahun ini, masjid balaikota yogya kedatangan tamu pengisi kultum dari palestina. If im not mistaken, he was adnan rantissi. CMIIW. Beliau sempat juga jadi imam tarawih di masjid jogokaryan. Nah, apa aja nih yg dia ungkapkan. The first is,,bliau kagum dengan kemajuan dan suasana indonesia,indah dan nyaman. Keren kan. Kalo kata saya,okelah korupsi kita masih gila2an, pemberantasan korupsi juga bukan semudah bikin mi instan. So, enjoy the process gan. Paling tidak,negeri kita aman nyaman. Apalagi di Jogja berhati Nyam-nyam..Ga ada ceritanya  solat tarawih tiba2 nyelonong tank Merkava israel di jogja. Oiya,Dia berumur 40 tahun, belum sekalipun diijinkan solat di masjidil aqsa ma tentara israel kutu kuprett, padahal kan beliau asli kelahiran gaza, bliau bahkan bilang,,walikota jogja yang bukan asli gaza malah sudah pernah solat di masjidil aqsha.. ironis ya gan..
Yang kedua,nah ini mulai rame nih..dia cerita kalo di palestina ada beberapa relawan yg sedang membangun rumah sakit di gaza. Nah ada satu pemuda indonesia yang belum menikah, bliau menawari nya untuk menikah dengan gadis palestina. Nah singkat cerita, mereka telah dikaruniai seorang bayi. Suatu hari si istri cerita pada pak rantissi kalo si pemuda indonesia bikin sebel saja. Apa uneg2nya? Yang pertama..sang suami dari  indonesia tiap hari minta nasiii melulu. Pagi siang malam minta nasi aja .kontan jamaah ger ger-an..yah masalah kultur bung..hahai..orang kita mah walopun makan roti dua piring kalo blm nyentuh nasi mah merasa belum makan hahai..kupikir ini masalah yang agak runyam lo..sawah di indonesia tiap hari makin berkurang sedangkan ketergantungan kita pada beras terlalu tinggi. Saatnya keragaman pangan lokal ya. Kita juga dah terbuai impor terigu.gua pernah baca ada solusi ..Mie campur tepung sukun,tepung ganyong, dkk  kemaren gua baca bahkan dahlan iskan kemaren mau nanem sorgum ratusan hektar di NTT buat kurangin tu impor trigu.well well kita doakan..
Nah uneg2 yang kedua adalah , si istri palestina mengeluh bahwa sang suami van indonesa gak mau punya anak lebih dari dua..si istri bilang “ayolah ini bukan di indonesia,di palestina tidak ada KB..yang perlu kita lakukan adalah (membuat) anak..anak dan anak..”  sontak masjid balakota riuh rendah ..gerrrrr...
Waktu kultum abis gua sempet salaman ama beliau,,gua bilang..assalaamu alaikum..he stare my eyes.and replied fully..waalaikum salamm warahmatullah..rasanya malu sekaligus haru. Malu karena salamku pendek dan dijawab lengkap.haru karena merasa bertemu saudara seiman yang dipisahkan ribuan kilometer dan masih terjajah kolonialisme di abad 21 ini.. kudoakan kalian saudara2ku  di palestina...

0 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"sorry this web under maintenance"